Khasiat dan Manfaat Pegagan Untuk Kesehatan

Alam kita memang tidak diragunakan lagi kekayaannya, berbagai tumbuhannya memiliki manfaat yang luar baisa, salah satunya Pegagan, Pegagan dengan nama latin, Centella asiatica adalah tanaman yang tumbuh secara liar, sering didapat di ladang, sawah, perkebunan, pinggir rumah dan pinggir jalan tanah.

Tanaman ini berasal dari daerah Asia tropik, tersebar di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, India, Republik Rakyat Tiongkok, Jepang dan Australia kemudian menyebar ke berbagai negara-negara lain. Nama yang biasa dikenal untuk tanaman ini selain pegagan adalah daun kaki kuda dan antanan.

http://www.azharamicus.com/2015/06/manfaat-daun-kemangi-untuk-kesehatan.html


Sejak zaman dahulu, pegagan telah digunakan untuk obat kulit (misalnya keloid), gangguan saraf dan memperbaiki peredaran darah. Masyarakat Jawa Barat mengenal tanaman ini sebagai salah satu tanaman untuk lalapan.


Jika kita melihat khasiatnya, Pegagan memiliki kesamaan bahkan melebihi Ginko Biloba, Kita pasti sering mendengar Ginko Biloba dan khasiatnya dari berbagai media. Nah mari kita lihat berbagai fungsi dan manfaat Pegagan yang berasa manis itu dan bersifat mendinginkan, memiliki fungsi bagi tubuh kita seperti :

·         membersihkan darah & melancarkan peredaran darah
·         Peluruh kencing (diuretika)
·         Penurun panas (antipiretika)
·         Menghentikan pendarahan (haemostatika)
·         Meningkatkan syaraf memori
·         Anti bakteri
·         Sebagai tonik
·         Antispasma
·         Antiinflamasi
·         Hipotensif
·         Insektisida
·         Antialergi dan stimulan.
·         Saponin yang ada menghambat produksi jaringan bekas luka yang berlebihan (menghambat terjadinya keloid).

Beberapa manfaat pegagan lainnya yaitu  :
·         meningkatkan sirkulasi darah pada lengan dan kaki
·         Mencegah varises dan salah urat
·         Meningkatkan daya ingat, mental, dan stamina tubuh
·         Menurunkan gejala stres dan depresi. 

Hasil penelitian di RSU Dr. Soetomo Surabaya, Pegagan dapat dipakai untuk menurunkan tekanan darah, penurunan tidak drastis, jadi cocok untuk penderita usia lanjut.
Kebanyakan pegagan dikonsumsi segar untuk lalapan, tetapi ada yang dikeringkan untuk dijadikan teh, diambil ekstraknya untuk dibuat kapsul atau diolah menjadi krem, salep, obat jerawat, maupun body lotion.

Berikut sebutan di berbagai daerah, Peugaga (Aceh), jalukap (Banjar), daun kaki kuda (Melayu), ampagaga (batak), antanan, dulang sontak(sunda), gagan-gagan, rendeng, cowek-cowekan, pane gowang (jawa), piduh (bali), bebele (lombok), sandanan (irian) broken copper coin, semanggen (Indramayu,Cirebon), pagaga (Makassar), daun tungke (Bugis) buabok (Inggris), paardevoet (Belanda), gotu kola (Sinhala), vallarei (Tamil), ji xue cao (Hanzi), Pigago (Minang) daun tapak kudo (solok)

Pegagan merupakan tanaman herba tahunan yang tumbuh menjalar dan berbunga sepanjang tahun. Tanaman akan tumbuh subur bila tanah dan lingkungannya sesuai hingga dijadikan penutup tanah. Jenis pegagan yang banyak dijumpai adalah pegagan merah dan pegagan hijau. Pegagan merah dikenal juga dengan antanan kebun atau antanan batu karena banyak ditemukan di daerah bebatuan, kering dan terbuka. Pegagan merah tumbuh merambat dengan stolon (geragih) dan tidak mempunyai batang, tetapi mempunyai rhizoma (rimpang pendek). Sedangkan pegagan hijau sering banyak dijumpau di daerah pesawahan dan disela-sela rumput. Tempat yang disukai oleh pegagan hijau yaitu tempat agak lembap dan terbuka atau agak ternaungi. Selain itu, tanaman yang mirip pegagan atau antanan ada empat jenis yaitu antanan kembang, antanan beurit, antanan gunung dan antanan air.

Sejak zaman dahulu, pegagan telah digunakan untuk obat kulit, gangguan saraf dan memperbaiki peredaran darah. Masyarakat Jawa Barat mengenal tanaman ini sebagai salah satu tanaman untuk lalapan. Menurut catatan, asal tanaman ini kepulauan sepanjang Samudera Indonesia dan di wilayah Asia Tenggara. Selain banyak tumbuh di Indonesia, juga di pesisir timur Madagaskar, dan Mauritius.

Tanaman Pegagan termasuk tanaman tahunan daerah tropis yang berbunga sepanjang tahun. Bentuk daunnya bulat, batangnya lunak dan beruas, serta menjalar hingga bisa mencapai semeter tingginya. Pada tiap ruas akan tumbuh akar dan daun dengan tangkai daun panjang dan akar berwarna putih. Dengan berkembang biak secara vegetatif seperti itu, ia cepat beranak-pinak. Jika keadaan tanahnya bagus, tiap ruas yang menyentuh tanah akan tumbuh menjadi tanaman baru.
Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Khasiat dan Manfaat Pegagan Untuk Kesehatan"