Tim Mobil Hemat ITM ikuti Pekan Pendidikan Tinggi Sumatera


ITM Medan
Tim Mobil Hemat Institut Teknologi Medan (ITM) mengikuti Pekan Pendidikan Tinggi Sumatera 2016 di Grand Palladium Medan, (01-03/03)  yang digelar Kopertis Wilayah I Sumut, perhelatan ini diikuti 32 perguruan tinggi  favorit.


Koordinator Kopertis Wilayah I Sumut Prof Dian Armanto MPd sewaktu meninjau stand usai pembukaan merasa bangga atas kreasi dan inovasi mahasiswa ITM yang nantinya akan berlaga di kancah nasional maupun internasional mewakili PTS dari Sumut.


“Saya ingin apa yang telah dihasilkan mahasiswa ini hendaknya dimasukkan di bulletin Kopertis Wilayah I Sumut agar menjadi contoh bagi PTS lainnya untuk terus mengembangkan keahlian dan kemampuannya, sehingga akan menjadikan perguruan tinggi dan alumni mampu bersaing,” ujarnya.


Lebih lanjut, “bahwa kegiatan pekan pendidikan tinggi ini bukan untuk sekedar memperkenalkan profil universitas itu. PTS juga berkesempatan melakukan sosialisasi dan pemahaman tentang program studi dan aneka bidang disiplin ilmu lainnya, serta penerimaan mahasiswa baru”, ungkapnya.


Sementara itu, Kepala Humas ITM M. Vivahmi SH MSi didampingi Dosen Pembimbing Tim Mobil Hemat ITM Mahyunis ST mengakui terus melakukan berbagai persiapan untuk menghadapi Kompetisi Mobil Hemat Energi tingkat Nasional tahun 2016 meski even tersebut masih lama yang kemungkinan besar diselenggarakan bulan Oktober mendatang.


Dia mengatakan, kelas yang diperlombaan dalam kompetisi tersebut yakni kelas Etanol dan Diesel. Even ini katanya, cukup bagus untuk menambah pengalaman terutama mahasiswa ITM. “Apalagi kompetisi ini even besar. Ada dua yang dapat kita cari yakni tingkat nasional dan internasional. 

Kalau nanti kita bagus hasilnya di ajang Kompetisi Mobil Hemat Energi  tingkat Nasional, maka tim ITM tahun 2017 akan mengikuti kompetisi internasional, berangkat ke Asia. Tahun kemarin tempatnya di Pilipina, tapi tahun ini kita belum tahu juga,” tambahnya.

Menurutnya, kompetisi ini melaluui proses penyeleksian yang cukup ketat dari panitia. Diperkirakan ada sebanyak 200 tim dari seluruh Indonesia yang mendaftar ke panitia di Jakarta.


“Tim tersebut akan diseleksi tiga tahapan untuk mendapatkan 65 tim. Setelah proses itu selesai dan mendapatkan jumlah tim tersebut maka dinyata finalis.  Dalam perlombaan itu diambil juara 1 dan 2 dan mereka berhak untuk mengikuti kompetisi tingkat internasional,” terangnya.


Mudah-mudahan lanjutnya, tim ITM ini mulus dan masuk finalis. “Harapan kita bisa juara dalam ajang kompetisi yang diselenggarakan setiap tahunnya tersebut. Makanya kita terus melakukan berbagai persiapan, sehingga nantinya hasilnya bisa maksimal dan apa yang kita inginkan menjuarai kompetisi itu tercapai,” pungkasnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tim Mobil Hemat ITM ikuti Pekan Pendidikan Tinggi Sumatera"