ITM Ciptakan Mesin Pengupas Nanas Dalam 3 Detik



ITM Ciptakan Mesin Pengupas Nanas Hanya 3 Detik
ITM Ciptakan Mesin Pengupas Nanas Hanya 3 Detik

Medan – Siapa yang tak kenal buah nanas, dikenal dengan istilah, ananas adalah sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brasil, Bolivia, dan Paraguay Tumbuhan ini termasuk dalam familia nanas-nanasan, Famili Bromeliaceae, nama 'nanas' berasal dari sebutan orang Tupi untuk buah ini.

Anana, yang bermakna "buah yang sangat baik". Burung penghisap madu (hummingbird) merupakan penyerbuk alamiah dari buah ini, meskipun berbagai serangga juga memiliki peran yang sama.

Saat ini, dosen dan mahasiswa Institut Teknologi Medan melakukan inovasi dengan menciptakan sebuah alat pengupas nanas yang bisa membereskan proses merepotkan itu hanya dalam tiga detik.

“Ujung poros translasi kita pasang pisau pengupas. Dari putaran, kita hubungkan dengan mekanisme perubah ke gerak translasi. Nanas itu terkekang di landasan, begitu balik, mata pisau sudah mengelupas,” kata Ketua Jurusan Teknik Mesin Institut Teknologi Medan (ITM) Ir Nurdiana MT, dosen Institut Teknologi Medan (ITM) dan inisiator pembuatan alat ini, belum lama ini di kampus ITM jalan Gedung arca Medan.

Alat ini berupa sebuah pisau yang berbentuk tabung yang didorong batang mirip piston. Batang ini digerakkan oleh sebuah putaran benda berbentuk piringan di sampingnya. Pendek kata, pisau ini digerakkan oleh gerakan rotasi yang dikonversi menjadi gerakan translasi.

Hasilnya, nanas sudah dalam kondisi 100 persen terkupas. Tak hanya kulit yang terlepas, tapi juga bonggol di tengah nanas. Tinggal daging nanas yang siap untuk diolah, bahkan titik-titik mata nanas pun bersih tak terlihat.

Meski mampu mengupas nanas hanya dalam hitungan detik, alat ini masih dalam penyempurnaan. Untuk mengambil nanas yang telah dikupas, masih diperlukan pisau manual untuk memotong kulit nanas itu. Selain itu, alat ini baru bisa mengupas nanas dengan diameter 14 cm. “Ini masih prototype. Nanti pisau akan dimodifikasi ulang dengan berbagai ukuran,” kata Nurdiana.

Ide awal pembuatan nanas ini berasal dari besarnya potensi produksi nanas di tempat tinggal salah satu mahasiswa Institut Teknologi Medan. Yang terpikirkan pada saat itu adalah bagaimana bisa meningkatkan nilai jual nanas dengan mengolahnya.

“Akhirnya kita ingin bikin pengupas nanas, untuk kemudian jadi buah kaleng dan sebagainya. Jadi penting ada teknologi pengupasan agar bisa cepat,” ujarnya. Selain segera disempurnakan prototypenya, alat ini segera dipatenkan.

Ditempat terpisah, Kabiro Humas ITM H M Vivahmi SH Msi mengatakan, saat ini ITM berusaha mempersiapkan tenaga-tenaga handal yang sesuai kebutuhan industri berskala nasional maupun  internasional.

Dia mengakui ITM telah memiliki potensi yang besar sebagai modal dalam pengembangannya. Potensi itu terletak pada sumber  daya yang dimiliki, yakni staf pengajar dan prasarana yang sudah cukup memadai.

Sarana prasarana yang telah mengalami penambahan dalam mendukung proses perkuliahan diantaranya berupa penambahan  satu ruangan komputer untuk praktek Jurusan Teknik Informatika.

Peralatan laboratorium dipergunakan untuk praktek di jurusan, buku-buku untuk perpustaan, selain peralatan praktek mahasiswa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "ITM Ciptakan Mesin Pengupas Nanas Dalam 3 Detik"