Ustadz Drs HM Daud Sagita Putra, MA

4 Karakter Yang Ada Pada Orang Berpuasa

PT Metra Digital Media Branch Sumatera dan Batam menggelar Acara Kick Off Kanvas Medan 2014 sekaligus Buka Puasa Bersama  bertempat di kantor Pelayanan Jl Ir H Juanda No.24 Medan, Senin, (07/07).

Acara berbuka diisi tausiyah oleh Al Ustadz Drs HM Daud Sagita Putra, MP, dalam ceramahnya yang kurang lebih  45 menit menjelaskan bahwa bulan puasa Ramadhan ini melatih diri untuk  mengontrol diri kita ketika ada niat untuk berbuat jahat atau perbuatan yang tidak diridhoi Allah, langsung berpaling ke arah yang benar dan lurus sehingga memiliki karakter Taqwa.


“ Taqwa itu memiliki empat karakter yang akan tampil pada orang yang berpuasa, yaitu Taqorrub, Qona’ah, Wara’ dan Yakin yang diambil dari susunan kata Taqwa itu sendiri” tambah Ustadz yang sedang menyelesaikan studi Doktor di Pasca Sarajana IAIN-SU Medan ini.


Taqorrub, yaitu dekat kepada Allah, terlihat di bulan Ramadhan terdapat fenomena sikap ke arah yang lebih positif baik segi kualitas dan kuantitas seperti di luar Ramadhan kurang bisa menjaga perkataan, selama ramadhan bisa menjaganya. Terlihat juga dari ramainya umat islam di masjid masjid sekitar kita selama Bulan Ramadhan.

Qona’ah, yaitu bersyukur terhadap nikmat yang telah diberikan Allah kepadanya melalui usaha dan upaya yang dilakukannya dan selalu merasa cukup.  Allah telah berjanji, jika kita bersyukur  maka nikmat akan ditambahnya tetapi jika kufur maka adzab Allah sangatlah pedih.
Wara’a, yaitu bersikap rendah hati yang terlihat dari cara berjalan, berbicara dan apa yang diucapkan, tidak melebih-lebihkan sesuatu hal.

Dan terakhir adalah Yakin, yaitu tertanamnya iman atau keyakinan yang kuat dalam hati kita ketika berpuasa, puasa adalah ibadah sirri, ibadah sembunyi yang tidak terlihat oleh manusia, hanya Allah dan kita yang tau keadaan puasa kita.

Beliau juga menekankan agar menjaga Sholat lima waktu sehari, terutama bagi generasi muda kita karena dosanya sangat besar bagi orang yang meninggalkannya.

Kesimpulanya Bulan Ramadhan memberikan keberkahan dan manfaat yang luar biasa bagi kita tidak didapat dari bulan yang lain, bahkan orang yang memang berhalangan puasa dan dibenarkan syariat, segala akitivitasnya akan mendapat pahala seperti  orang yang berpuasa.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ustadz Drs HM Daud Sagita Putra, MA"