Studi Excursi Diseminarkan Mahasiswa Teknik Mesin ITM


Mahasiswa penting ma­hasiswa untuk mengetahui aplikasi dari ilmu yang telah di­pelajari. Salah satu kegiatan penunjang akademik yang membantu mahasiswa dalam hal ini adalah kegiatan study excursie (studi penelitian).

“Sebelum melakukan studi excursi tersebut, maka mahasiswa kita bekali dengan pengetahuan tentang hal-hal yang akan diteliti atau dikaji melalui seminar,” kata Ketua Jurusan Teknik Mesin ITM, Ir Nurdiana MT, Sabtu (26/12) kemarin di kampus tersebut Jalan Gedung Arca Medan.

Seminar studi excursi yang digelar mahasiswa Fakultas Teknik Industri Institut Teknologi Medan (FTI-ITM) jurusan teknik mesin itu menghadirkan nara­sumber dari Viora Consultant.

Disebutkannya, mahasiswa perlu mengenal dunia luar, seperti lingkungan industri dan pemerintahan. Ini agar mereka dapat membedakan antara dunia luar dan kampus dengan melakukan studi penelitian atau kajian terhadap ilmu yang telah dipelajari di kampus.

Dengan kegiatan itu, Nurdiana berharap agar mahasiswa teknik mesin dapat menerapkan hasil studi excursi itu. Artinya para mahasiswa yang telah belajar teori dengan melakukan kunjungan industri mahasiswa dapat mengetahui perbedaan teori dengan fakta sesungguhnya di industri.

Dia menilai, dengan study excursie ini para mahasiswa dapat mendalami pengalaman secara leluasa dan langsung memperoleh jawaban akan keingintahuan mereka. Dia menjelaskan, kunjungan excursie ini untuk mengenalkan mahasiswa ke pihak perusahaan. Teori yang selama ini mahasiswa pelajari di kampus dapat dibandingkan dengan situasi sebenarnya di lapangan.

Menurutnya, dengan melihat secara langsung dunia industri tersebut, maka dapat memacu semangat mahasiswa untuk terus belajar dan meningkatkan ilmu yang mereka peroleh selama ini. Kegitan tersebut bertujuan agar mahasiswa akan lebih banyak mendapat pengalaman dengan langsung berinteraksi dengan pihak perusahaan di luar kampus.


Disebutkannya, study excursie ini tidak hanya dalam wilayah nasional, tetapi juga ke tingkat internasional yaitu Malaysia, Thailand dan Singapura. Perwakilan dari CV Viora Consultant, Erick mangatakan, pihaknya dapat menjembatani ITM dengan perusahaan-peruhasaan besar seperti Inalum, Pertamina, Cevron dan Semen Padang. Menurutnya, perusahaan itu bersedia menerima kunjungan studi mahasiswa ITM bahkan juga menjembatani kedua belah pihak untuk melakukan kerjasama

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Studi Excursi Diseminarkan Mahasiswa Teknik Mesin ITM"