Tips Mengendalikan Kolestrol dalam Tubuh

Kolestrol merupakan zat lemak yang sangat penting dalam pembentukan dinding sel dalam tubuh, juga beredar dalam sel darah manusia, kolestrol yang ada bersumber dari dua sumber utama, pertama bersumber dari makanan yang dikonsumsi, kedua bersumber dari pembentukan yang dihasilkan oleh hati.





Kolestrol dari makanan terdapat pada daging, unggas, ikan, santan, coklat, seafood, susu sapi, telur puyuh dan produk olahan susu seperti mentega, cream serta yang satu ini, jeroan seperti hati dan limpa mengandung kadar kolestrol yang sangat tinggi. 

Setelah makan, kolestrol akan diserap oleh usus halus lalu selanjutnya masuk ke sirkulasi darah dan disimpan dalam suatu mantel protein. Adapun makanan yang berasal dari tumbuhan tidak mengandung kolestrol sama sekali.

Jika kolestrol pada darah tinggi akan mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah yang akhirnya bisa menyebabkan gagal jantung dan stroke.
Berikut beberapa tips untuk mengendalikan kolestrol dalam tubuh kita :


  • Diet, mengurangi bahkan menghindari makanan berlemak dan berkolestrol tinggi, seperti daging dan susu.  Selalu memilih makanan yang rendah lemak dan bebas lemak, memilih makanan yang kadungan lemak tak jenuh. Menghindari makanan yang digoreng, apalagi dengan menggunakan minyak goreng yang berulang-ulang karena dapat meningkatkan kadar kolestrol yang tinggi. Beberapa makanan yang kadar kolestronya rendah, seperti putih telor ayam, daging bebek pilihan tanpa kulit, ikan air tawar, daging kelinci.
  • Konsumsi makanan beserat, lebih sering mengkonsumsi makanan berserat seperti gandum, kacang-kacangan, sayur-sayuran dan buah-buahan. Jenis makanan ini dapat menyerap kolestrol yang ada dan membuangnya dari tubuh.
  • Konsumsi antioksidan, terdapat pada buah-buahan seperti jeruk, strawberi, papaya, wortel, atau labu. Bawang putih juga dapat menurunkan kolestrol.
  • Olah raga, dengan berolah raga dapat membakar kalori dan membuat sirkulasi darah menjadi lancar dan menjadikan berat tubuh lebih ideal.
  • Alkohol & Rokok, segeralah menghindari dua hal ini karena sangat berbahaya bagi kesehatan, terutama akan mengganggu pembuluh darah kita.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Mengendalikan Kolestrol dalam Tubuh"