Tips Agar Panjang Umur dan Selalu Sehat

Banyak yang bilang sehat itu mahal, apakah ketika jatuh sakit, atau untuk menghindari berbagai penyakit harus mengeluarkan biaya yang mahal, sebenarnya mencegah lebih baik dari mengobati, agar terhindar dari berbagai penyakit dan menjaga tubuh tetap selalu sehat, banyak tips yang bisa dilakukan, diantaranya : 

1. Lebih sering turun-naik tangga
Studi yang dilakukan University of Geneva menemukan, kebiasaan menggunakan tangga dapat menurunkan risiko kematian pada usia muda akibat apa pun, hingga 15 persen, naik tangga secara teratur selama 12 minggu juga dapat meningkatkan kapasitas paru-paru, serta menurunkan tekanan darah, dan kadar kolesterol.


2. Makan apel lebih banyak
Penelitian terbaru dari University of Hong Kong menemukan bahwa zat antioksidan pada apel, yaitu polifenol, dapat menjaga kesehatan seiring dengan pertambahan usia serta memperpanjang hidup kita. Menurut peneliti, buah apel yang kaya antioksidan ini ampuh dalam melawan radikal bebas, yang selama ini berperan dalam menimbulkan berbagai penyakit. Sementara itu, studi lainnya menemukan bahwa wanita yang rutin makan apel memiliki risiko 13-22 persen lebih rendah terhadap serangan jantung dan stroke.

3. Meditasi 15 menit sehari
Riset yang dimuat pada Jurnal of Neuroscience menunjukkan, mereka yang rajin meditasi selama lima tahun penuh, memiliki usia biologis sekitar 12 tahun lebih muda daripada usia sebenarnya. Studi lain yang dilakukan oleh pakar anti-aging , Dr Vincent Giampapa, menemukan bahwa meditasi teratur dapat menurunkan kadar hormon kortisol hingga 47 persen. Sementara itu, hormon DHEA, yang membantu tubuh agar kebal dari penyakit, juga meningkat hingga 44 persen. Meditasi juga terbukti bisa meningkatkan produksi melatonin, yang selanjutnya akan memperbaiki kualitas tidur dan suasana hati, serta meningkatkan kesuburan dan daya tahan tubuh, hingga 98 persen!

4. Jadi pekerja sukarela
Sebuah studi yang sedang berlangsung di Amerika Serikat mengamati 1.500 orang yang pada tahun 1921 berusia sekitar 10 tahun. Hasil analisis data seputar kehidupan responden yang dilakukan para peneliti dari University of California memperlihatkan, perasaan aman dan tenteram akibat mendapatkan perhatian dari orang sekitar ternyata tidak banyak berpengaruh pada panjangnya usia Anda. Yang lebih signifikan kontribusinya adalah kebiasaan menolong orang lain.

5. Makan sayuran mentah setiap hari
Studi yang dilakukan di Italia menemukan, menyantap satu cangkir sayuran mentah setiap hari bisa menambah dua tahun pada usia kita. Proses memasak dapat menghilangkan kadar antioksidan pada beberapa jenis sayuran, hingga 30 persen. Dengan makan sayuran mentah setiap hari, Anda akan dapat mencapai asupan nutrisi yang lebih sehat.

6. Tidurlah setidaknya enam setengah jam setiap malam
Waktu istirahat kurang dari lima jam tidaklah cukup, sementara lebih dari delapan jam dianggap berlebihan. Itulah hasil riset yang dimuat dalam jurnal Sleep Medicine . Selain itu, studi yang dilakukan di San Diego menemukan bahwa wanita yang tidur kurang dari lima jam sehari atau lebih dari enam setengah jam sehari memiliki usia harapan hidup lebih rendah dibanding yang berada di dalam koridor itu.

7. Kepala Merupakan Pusat kesehatan
Kepala adalah pusat kecerdasan dan kesehatan manusia. Menurut TCM (Traditional Chinese Medicine) ada 12 titik meredian yang bisa ditekan untuk meningkatkan metabolisme tubuh.
Namun, ada satu titik utama yang perlu ditekan yaitu titik di kepala. Apabila Anda kesulitan, maka gunakan saja sisir berbentuk sikat yang memiliki bulatan-bulatan di ujungnya. Sisir tersebut akan membantu menekan titik-titik penting di kepala.
Dan disarankan untuk meningkatkan metabolisme tubuh, sisirlah kepala tiga kali sehari. Di pagi hari, setelah jam makan siang, dan di malam menjelang tidur. Masing-masing waktu yang dibutuhkan setidaknya 2 menit, 60-100 gerakan.
Selain membantu meningkatkan metabolisme tubuh, cara ini dipercaya dapat meningkatkan kualitas tidur, mencegah uban, serta meningkatkan nafsu makan, dan agar tubuh lebih enerjik.

8. Telapak kaki
Kaki adalah jantung kedua bagi manusia, di mana terdapat titik-titik penting yang dapat menjaga kondisi kesehatan. TCM percaya bahwa adalah lebih dari 60 titik di kaki yang berhubungan dengan 12 titik meredian di organ internal.
Pengobatan kuno menyarankan agar Anda selalu memijat bagian titik Yongquan, yang berada di 1/3 tengah kaki dari ujung atas.
Menekan yiyik ini setiap hari akan membantu memperlancar peredaran darah, meredakan sakit kepala, mengobati hernia, mengobati insomnia, mengobati penyakit jantung, menyembuhkan sakit tenggorokan, dan berbagai penyakit lainnya.

9. Menelan ludah
Menurut kamus kesehatan China, menelan ludah 300 kali sehari akan membantu memperpanjang umur. Air ludah sendiri dapat melembutkan organ internal, melubrikasi tenggorokan dan menjernihkan pikiran. Selain itu air liur juga mencegah bakteri berkembang, menghentikan pendarahan, menjaga kesehatan gigi, melawan virus, sebagai obat pencernaan dan lain sebagainya.

10. Pijatan suami istri
Jika Anda sudah menikah, maka miliki waktu khusus untuk saling memijat punggung masing-masing. Pijatan ini manfaatnya adalah menstimulasi sistem saraf, merilekskan otot, mencegah dan mengobati sakit di punggung.
Selain itu, pijatan ini juga akan menjernihkan otak, menenangkan serta mencegah insomnia bahkan sakit kanker.

11. Peregangan tubuh
Stretching atau peregangan tubuh adalah hal yang penting dan bahkan secara otomatis dilakukan saat Anda menguap. Tidak perlu malu, karena justru gerakan ini juga membantu meningkatkan peredaran darah serta mencegah aneka penyakit.
Peregangan yang benar adalah dengan mengangkat kedua tangan, menghirup udara sebanyak-banyaknya dan mengumpulkannya di paru-paru, kemudian perlahan mengeluarkan udara tersebut. Lakukan beberapa kali dan rasakan keluar masuknya oksigen ke dalam tubuh Anda.
Diolah dari berbagai sumber.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Agar Panjang Umur dan Selalu Sehat "